Cara Melamar Kerja Lewat atau Via Email
- Banyak pelamar kerja yang masih kebingungan dengan melamar kerja
lewat email dan akhirnya mereka hanya mencoba – coba tanpa mengetahui
tata krama dan kesopanan pada saat mengirim surat lamaran kerja lewat
email. Hal itulah yang dapat membuat HRD melihat para pelamar kerja
terkesan tidak serius dalam melamar dan HRD sudah pasti tidak ingin
menerima pelamar kerja yang seperti itu. Karena itu berdasarkan
pengalaman saya dan informasi yang saya dapatkan, saya ingin berbagi
pengalaman saya dalam Cara Melamar Kerja Lewat Email yang dijamin
membuat lamaran anda dibaca dan diterima.
1. Subjek Pada Saat Mengirim Lamaran Pekerjaan
Subjek
lamaran sangat adalah hal yang sangat penting dan paling berpengaruh
agar Surat Lamaran Kerja dibaca dan dibuka oleh HRD. Pilihlah judul yang
sesuai dengan lamaran pekerjaan dan posisi untuk memberi judul,
misalanya seperti "Lamaran Pekerjaan – Teknisi”. Tulislah dengan dengan
rapih dan tidak disingkat – singkat agar memberikan kesan sopan dan
terlihat serius dalam melamar kerja.
2. Tulis Surat Lamaran pada Body Email
Kebanyakan
dari pelamar yang mengirim surat lamaran kerja lewat email lebih
memilih format Pdf atau word, lalu buat apa arti Mail tersebut? Karena
itu agar arti mail tersebut berguna, tulislah surat lamaran kerja pada
bagian Body email dengan rapih dan sopan. Tentunya sesuaikan tanggal
surat lamaran sesuai dengan waktu anda mengirim surat lamaran kerja
tersebut.
3. Nama Data Lamaran
Untuk
dibagian ini anda harus mencari dan mengetahui informasi format yang
diperbolehkan oleh perusahaan atau HRD, kalaupun anda belum tahu format
yang diinfromasikan pilihlah format PDF untuk surat lamaran dan daftar
riwayat hidup, format JPG untuk Ijasah, Transkrip Nilai, KTP, dan
Sertifikat lainnya. Pada judul setiap file berilah nama file sesuai isi
seperti CV – Nama Anda, Ijasah – Nama Anda dan janganlah memberi nama
file seenak jidat seperti 2.jpg, ijasah gua.jpg. Dalam data lamaran
terisi dengan format yang berbeda - beda ( jpg dan pdf ).
4. Lamaran dijadikan Satu File Rar atau Zip
Kebanyakan
HRD tidak ingin ribet untuk mendownload satu persatu data lamaran
pekerjan yang anda upload dan akhirnya tidak mau membukanya, Solusinya
adalah jadikan satu file. Setelah semua data lamaran sudah dipastikan
benar, rapih dan sopan. anda bisa mengekstrak data – data tersebut
dengan Winrar. Pasang nama file Rar atau Zip seperti “Data Lamaran –
Nama Anda” pada file yang telah anda ekstrak agar HRD tidak kebingungan
dengan data yang anda upload. Lalu klik Kirim dan Pastikan Surat Lamaran Kerja anda sudah terikirim dengan melihat Surat Kita tadi di Kotak Terikirim.
Mungkin
sampai sini yang dapat saya tulis dan post hari ini, Hal – hal diatas
tadi harus diperhatikan dan dipahami semuanya agar bermanfaat. Dan untuk
mengetahui lebih detail Hal – hal yang membuat Lamaran lewat Email anda
ditolak dapat dilihat Penyebab Lamaran Kerja Anda Ditolak.
Saya rasa dengan adanya artikel ini dapat membantu anda mengenai dunia
kerja dan silahkan membaca artikel lainnya untuk mengetahui beberapa
panduan tentang dunia kerja serta nantikan artikel selanjutnya dari
sternaj.blogspot.com.
Terima
kasih telah mengunjungi dan membaca artikel Cara Melamar Kerja Lewat
Email. Anda tidak diperbolehkan untuk menyalin isi dan keseluruhan
konten di sternaj.blogspot.com